Sabtu, 05 Februari 2011

Pelatihan Las Dasar Taruna

Berangkat dari keprihatinan dan niat yang kuat untuk meningkatkan kapasitas pemuda, khususnya kawan-kawan yang belum berkesempatan mendapatkan haknya (Hak untuk Mendapatkan Pekerjaan), Pengurus Karang Taruna Kelurahan Warnasari Kecamatan Citangkil Kota Cilegon - Banten mengadakan Pelatihan Las Dasar yang difasilitasi oleh Kementrian Pendidikan Nasional melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Dinas Pendidikan Kota Cilegon, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kecakapan Hidup (PKH) - P2PNFI Jayagiri Bandung yang didanai dari APBN-P 2010.

Pelatihan Las ini dipilih karena sesuai dengan kondisi wilayah, yaitu sebagai kawasan industri. Kami berharap selesai pelatihan, peserta memiliki sedikit keterampilan tentang pengelasan listrik, yang nantinya dapat digunakan baik untuk bekerja di industri maupun untuk merintis usaha mandiri.  

Peserta pelatihan berjumlah 15 wajib belajar, yang terdiri dari: 5 orang perwakilan dari Karang Taruna Kelurahan se-Kecamatan Citangkil dan 10 orang dari Kelurahan Warnasari. Waktu belajar selama 1 bulan (16 kali) pertemuan dengan durasi 7 jam setiap harinya, total 112 jam. Adapun materinya antara lain: Praktek Las, Pengukuran, Gambar Teknik, Pemotongan dengan Gas, K3, dan Kewirausahaan dengan perbandingan 70% praktek dan 30% teori, sedangkan instruktur di ambil dari praktisi industri dan akademisi.

Nama Program: Program Kecakapan Hidup (PKH) - Pelatihan Las Dasar
Pelaksana Program: KARANG TARUNA KELURAHAN WARNASARI
Durasi: 1 bulan (16 kali pertemuan)
Mulai: 24 Januari 2011,  Selesai: 17 Februari 2010
Jumlah Peserta: 15 orang
Tempat: Aula Kelurahan Warnasari
Total Anggaran: Rp.   27.750.000
Sumber Dana: APBN-P 2010 (Kementrian Pendidikan Nasional RI)

1 komentar: